Bekraf Sosialisasikan Program Satu Pintu di Solo

BisnisUKM.id: media Bisnis Online
Program Satu Pintu Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Indonesia, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) luncurkan program Satu Pintu yang diharapkan dapat mempercepat pengembangan sektor ekonomi kreatif. Deputi Hubungan Antarlembaga dan Wilayah Badan Ekonomi Kreatif (Deputi VI Bekraf) mengadakan soft launching website Satu Pintu di kota Solo (08/04). Acara ini dihadiri oleh Narasumber yang berasal dari Pihak Bekraf, Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan dan dari akademisi Universitas Gajah Mada. Peserta yang hadir adalah komunitas dan pelaku ekonomi kreatif yang berasal dari kota Solo, Semarang, Malang, Boyolali, Jogjakarta dan sekitarnya.
Satu Pintu adalah mekanisme seleksi penyaluran bantuan pemerintahan dalam Bekraf, yang dibentuk untuk melaksanakan Peraturan Kepala Bekraf Nomor 19 Tahun 2016 sesuai ketentuan dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 173/PMK.05/2016 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 168/PMK.05/2015 tentang tentang Mekanisme Pelaksanaan Anggaran Bantuan Pemerintah pada Kementerian Negara/Lembaga. Mekanisme pengajuan bantuannya dengan cara, calon penerima bantuan mendaftarkan proposal untuk diproses secara administratif oleh administrator Satu Pintu, kemudian dilakukan proses seleksi oleh Tim Kurasi, yang menghasilkan penilaian berdasarkan kriteria umum. Calon penerima bantuan dapat merupakan perseorangan, organisasi, atau komunitas pelaku ekonomi kreatif pada 16 subsektor ekonomi kreatif. Informasi selengkapnya dapat diakses melalui website http://satupintu.bekraf.go.id/
Dalam kesempatan ini, Deputi Hubungan Antarlembaga dan Wilayah, Endah Wahyu Sulistianti, berharap bahwa melalui program Satu Pintu ini, penyaluran bantuan pemerintah bisa tepat sasaran, transparan dan akuntabel. (Sumber: www.bekraf.go.id)

Bekraf Sosialisasikan Program Satu Pintu di Solo

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mulai menyosialisasikan program Satu Pintu, ke wilayah-wilayah yang menjadi kantong ekonomi kreatif di Indonesia.
Program Satu Pintu Bekraf  adalah program kurasi dalam hal fasilitasi bantuan dari Bekraf untuk para pelaku ekonomi kreatif, melalui sistem berbasis teknologi informasi yang terintegrasi.
Bekraf menyiapkan website khusus untuk program tersebut, untuk memperlancar prosedur penerimaan bantuan pemerintah sektor ekonomi kreatif secara prosedural dan modern, sebagai bagian dari percepatan pencapaian sasaran program unggulan Bekraf.
Solo jadi kota pertama yang menjadi tempat sosialisasi, yang diikuti sejumlah pelaku ekonomi kreatif dari area Solo, Yogyakarta dan Semarang. Sosialisasi digelar Sabtu (8/4) di Swiss-Belinn Hotel Solo.
Deputi Hubungan Antarlembaga dan Wilayah Bekraf Endah Wahyu Sulistianti menjelaskan, program Satu Pintu akan mengurangi kemungkinan tidak tepat sasaran dalam penyaluran bantuan kepada pelaku ekonomi kreatif.
“Manfaat dari program ini, agar pelaku ekonomi kreatif punya kesempatan yang sama. Ini bottom up. Mereka mengajukan proposal kegiatan, untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas, di luar program top down yang ada di Bekraf. Misalnya komunitas kriya di kelurahan, butuh pelatihan tentang packaging untuk meningkatkan nilai produk, bisa ajukan proposal untuk bantuan kegiatan,” katanya.
Program tersebut, diharapkan bisa menjadi pendorong bagi pelaku ekonomi kreatif di Indonesia agar lebih berkembang. Apalagi kontribusi ekonomi kreatif terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia cukup tinggi, mencapai Rp 852 triliun.
jasa web desain
Program Satu Pintu BEKRAF, bisa diakses oleh pelaku ekonomi kreatif perseorangan dengan syarat tertentu, terutama yang terkait kepemilikan hak atas kekayaan intelektual (HAKI) pada karya atau produknya.
Lalu organisasi atau komunitas, satuan pendidikan atau lembaga yang diselenggarakan pemerintah atau masyarakat, lembaga atau organisasi masyarakat di bidang ekonomi kreatif, serta pemerintah daerah yang melaksanakan urusan bidang ekonomi kreatif.
Sedangkan penyeleksian (kurasi) dilakukan oleh admin Satu Pintu untuk kriteria umum, profesional sesuai subsektor ekonomi kreatif untuk kriteria teknis dan kelayakan, serta oleh pimpinan Bekraf untuk kriteria pembiayaannya.
Endah mengatakan, Solo dan Yogyakarta menjadi sasaran sosialisasi, karena dua wilayah tersebut merupakan kantong ekonomi kreatif di Indonesia.
“Solo itu punya potensi di bidang kriya dan fesyen. Cukup tinggi potensinya. Juga ada seni pertunjukan, yang juga potensial untuk dikembangkan menjadi level internasional. Itu kenapa kota ini menjadi sasaran sosialisasi program Satu Pintu, karena banyak pelaku ekonomi kreatif yang bisa memanfaatkan program tersebut.
Menurut Endang Wahyu Sulistyanti, Deputi Hubungan Antar Lembaga dan Wilayah BEKRAF di terangkan, BEKRAF adalah lembaga tinggi Negara non Kementrian yang bertugas dan berfungsi membantu kerja Presiden sebagai pelaksna tugas koordinasi, fasilitasi dan penyusunan kebijakan ekonomi kreatif.
BEKRAF mengampu 16 sub sector kreatif yang dipimpin oleh enam deputi pada bidang masing masing’ Kata Endang pada sosialisasi BEKRAF
BEKRAF dilandasi Perpres Nomer 6 Tahun 2015 tentang badan ekonomi kreatif sebagaimana di ubah dengan Perpres 72 Tahun 2015. Melalui satu pintu, BEKRAF memberikan dukungan kepada para pelaku ekonomi kreatif di 16 sub sector yang ada di dalam BEKRAF.
Ke 16 sub sector tersebut diantaranya Fashion, Kuliner, Periklanan, Musik, Aplikasi dan Game, Fotoghrapy, Televisi dan Radio, Seni Rupa dan sub sector lainya.
Sebagai lembaga Negara yang bertugas mengampu ekonomi kreatif  kata Deputi hubungan antar lembaga dan wilayah, BEKRAF satu pintu memberi dukungan dalam bentuk operasional, bantuan sarana dan prasarana, bantuan rehab, pembangunan gedung atau bangunan.
‘ Untuk menfasilitasi dukungan produksi film, saat ini BEKRAF belum bisa karena masih terkendala peraturan yang ada ‘ Imbuhnya
Fasilitas  dalam BEKRAF bisa berupa barang, jasa ataupun uang, tergantung dari pengajuan proposal yang di ajukan oleh pelaksana ekonomi kreatif. Namun bentuk dukungan yang di berikan tergantung dari persetujuan rapat bersama Deputi BEKRAF.
Pelaku ekonomi kreatif yang akan mengajukan proposal ke BEKRAF tidak hanya perseorangan, tetapi lembaga atau komunitas yang sudah berbadan hukum sebagai syarat utama administrasi.  Bisa juga Pemerintah Daerah yang melaksanakan urusan Pemerintah bidang ekonomi kreatif.
Lama seleksi proposal setiap pengajuan kurang lebih 4 bulan, namun khusus untuk travel grant bagi para peserta lomba ekonomi kreatif di kancah International ada pengecualian.
Setiap proposal yang masuk lewat satu pintu akan di seleksi oleh admin satu pintu BEKRAF. Sedangkan untuk menilai kriteria tehknis dan kelayakan, ada tim kurasi yang terdiri para professional atau ahli yang sesuai di 16 sub sector kreatif yang di fasilitasi BEKRAF.
Di harapkan tambah Endang, dengan adanya sosialisasi BEKRAF satu pintu pelaku ekonomi kreatif bisa semakin mengembangkan usahanya. Dukungan yang di berikan BEKRAF kepada para pelaku usaha ekonomi kreatif sebagai bentuk kehadiran Pemerintah yang konsen terhadap pelaku kreatif di tanah air.
Pemerintah menilai, pertumbuhan ekonomi dari sector kreatif sangat menjanjikan sekali dengan memberi kontribusi PDB, menambah lapangan pekerjaan, mengentaskan kemiskinan, peningkatan kerja dan daya saing ekspor, serta penguatan identitas kultur kebangsaan.
Karena diyakini, ekonomi kreatif memiliki multiple effect pada sector riil ekonomi dan industry penyangganya’ Pungkas Deputi Hubungan Antar Lembaga dan Wilayah BEKRAF satu pintu.
Sumber: www.suaramerdeka.com & www.siagaindonesia.com

Prosedur Pengajuan Program Satu Pintu BEKRAF

Panduan Satu Pintu
Unggah proposal secara online lebih mudah dengan 1 klik untuk login dan mengetahui sejauh mana proposal Anda diproses. Kami mohon untuk calon pemohon dapat membaca persyaratan dan ketentuan Bekraf Satu Pintu demi menghindari kesalahan data. Pastikan seluruh data yang Anda submit adalah valid, Kami hanya memproses data yang sudah sesuai dengan prosedur. Jangan ragu menanyakan kepada Kami bila Anda belum mengerti. Saatnya merasakan kemudahan mengunggah proposal secara online sekarang juga.
Belum paham? Pelajari detail panduan SATU PINTU BEKRAF. Anda dapat DOWNLOAD DISINI

Tujuan Program Satu Pintu Badan Kreatif (BEKRAF) Indonesia


SATU PINTU adalah sebuah mekanisme seleksi proposal pendukungan yang diajukan kepada BEKRAF. Melalui sistem ini seluruh proposal yang masuk ditangani oleh satu bidang khusus untuk disaring. SATU PINTU bertujuan untuk memudahkan proses seleksi proposal pendukungan BEKRAF, juga untuk menjaga transparasi dan kejelasan proses seleksi proposal pendukungan.

Langkah Memasukkan Proposal Program Satu Pintu BEKRAF

1. Mewakili kategori apa anda sebagai pemohon proposal? (individu, organisasi atau sebuah lembaga?)
2. Daftarkan diri Anda agar dapat masuk kedalam website dan mengikuti tahapan proposal.
4. Setelah form terisi, barulah Anda dapat mengunduh proposal yang ingin Anda ajukan.
5. Periksa kembali seluruh data yang telah Anda isi.
6. Sebelum proposal dikirim ke Satu Pintu, disarankan kepada Anda untuk mencetak keseluruhan data isian.
7. Setelah proposal Anda terkirim, periksalah secara berkala status proposal Anda dan kemudian cek juga email Anda.
Address: Jl. Merdeka Selatan #13
Kementerian BUMN, Indonesia 10110
Email: info@bekraf.go.id
Apa saja bentuk dukungan Badan Ekonomi Kreatif (BEKREF) Indonesia yang diberikan ?
Bantuan operasional;
Bantuan Sarana dan Prasarana;
Bantuan rehabilitasi/pembangunan gedung/bangunan;
Pemberian penghargaan;
Bekraf belum bisa memfasilitasi pengajuan pendukungan produksi film;
Dan bantuan lainnya.
Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk Pengajuan Proposal ?
Surat pengantar proposal:
Ditujukan kepada Kepala BEKRAF
Menjelaskan secara singkat rincian kegiatan
Memberikan jenis pendukungan yang diajukan
Menjelaskan rincian bantuan yang diajukan
Mencantumkan narahubung (nomor telefon, alamat surat elektronik, dan alamat fisik)
Proposal
Deskripsi Kegiatan
Tujuan Kegiatan
Rincian Kegiatan (Waktu dan Tempat)
Target Peserta
Rincian Anggaran keseluruhan
Rincian anggaran yang diajukan ke BEKRAF (bila jenis bantuan yang diajukan adalah uang)
Menjelaskan jenis bantuan yang diajukan bila termasuk dalam jenis bantuan jasa dan/atau barang
Dokumen Pendukung, contoh:
Untuk pendukungan biaya perjalanan dinas dalam dan luar negeri, harus mencantumkan surat undangan dari pihak penyelenggara;
Dokumentasi acara (bila telah dilangsungkan sebelumnya).
Apa yang dimaksud dengan ‘pendukungan’ dari BEKRAF ?
Sesuai dengan Tugas dan Fungsi BEKRAF yang tercantum dalam Perpres Nomor 72 Tahun 2016, yang salah satunya adalah pelaksanaan pembinaan dan pemberian dukungan kepada semua pemangku kepentingan ekonomi kreatif di bidang aplikasi dan game developer; arsitektur; desain interior; desain komunikasi visual; desain produk; fesyen; film, animasi, dan video; fotografi; kriya; kuliner; musik; penerbitan; periklanan; seni pertunjukan; seni rupa; dan televisi dan radio; maka SATU PINTU dibuat.
Apakah ada batas waktu maksimum pengajuan proposal ?
  1. Proposal paling lambat diajukan 4 (empat) bulan sebelum tanggal pelaksanaan kegiatan untuk kegiatan yang bersifat penyelenggaraan;
  2. Untuk batas waktu pengajuan bantuan biaya perjalanan, diberikan pengecualian dengan menunjukkan surat undangan yang diterima kurang dari 4 (empat) bulan dari hari pelaksanaan acara;
  3. Proposal paling lambat diajukan pada bulan Juli di tahun anggaran yang bersangkutan untuk kegiatan bantuan revitalisasi infrastruktur fisik ruang kreatif, sarana ruang kreatif dan sarana teknologi informasi dan komunikasi (TIK);
  4. Proposal paling lambat diajukan 1 (satu) bulan untuk pemberian fasilitasi pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual, fasilitasi pendirian badan hokum, fasilitasi bantuan hokum, dan fasilitasi sertifikasi profesi.
Bagaimana cara untuk mengajukan proposal pendukungan kepada BEKRAF ?
  • Pengiriman proposal hanya bisa dilakukan melalui:
    Melalui pengiriman surat beserta proposal ditujukan ke Sekretariat SATU PINTU BEKRAF di Jalan Medan Merdeka Selatan No.13, Gd. Kementerian BUMN Lt. 18, Badan Ekonomi Kreatif
  • Pemohon wajib mengirimkan proposal pendukungan tertuju ke alamat fisik dan/atau alamat surat elektronik SATU PINTU. Pengiriman yang ditujukan selain dari PINTU BEKRAF akan dikembalikan ke pihak pemohon
  • Pemohon akan mendapatkan notifikasi melalui email yang berisi tanggal dimulainya proses administrasi oleh Admin SATU PINTU BEKRAF dan nomor proposal untuk kemudian nomor tersebut digunakan ketika mengecek status dari proposal.
Bagaimanakah alur proses seleksi proposal pengajuan pendukungan ?
  1. Proses Administrasi oleh Admin SATU PINTU BEKRAF
  2. Hasil pemeriksaan dikirimkan kepada Tim Kurasi untuk dilakukan penilaian;
  3. Proses Seleksi Bersama oleh para pimpinan BEKRAF
  4. Pengumuman dalam bentuk surat elektronik maksimal 45 (empat puluh lima) hari kerja setelah memasuki tahap proses administrasi di Admin SATU PINTU
  5. Proses follow-up untuk status proposal.
Bagaimanakah cara mengetahui status dari proposal ?
Pertanyaan mengenai status dari proposal dapat diajukan ke surat elektronik: satupintu@bekraf.go.id dengan format judul surat: “Status_(Nomor Proposal)_(NamaProposal)”
Berapa lama proses seleksi berlangsung ?
a. Proses pengelompokkan dalam Admin SATU PINTU berlangsung selama 2(dua) hari kerja.
b. Penilaian oleh Tim Kurasi dilakukan secara dwi mingguan.
c. Penilaian oleh Pimpinan Bekraf dilakukan pada minggu ketiga dan keempat setiap bulannya.
Siapa saja yang boleh melakukan pengajuan ?
Perseorangan
Organisasi/komunitas di 16 subsektor ekonomi kreatif
Satuan pendidikan/lembaga yang diselenggarakan oleh pemerintah atau masyarakat
Lembaga/organisasi masyarakat lainnya yang bergerak di bidang ekonomi kreatif
Pemerintah daerah yang melaksanakan urusan pemerintahan bidang ekonomi kreatif

Proposal Program Satu Pintu BEKRAF

Apa syarat dan ketentuan dalam melakukan permohonan proposal ?
Mengisi form online sistem Unggah Mandiri BEKRAF
Melampirkan surat proposal
Melampirkan proposal yang akan diajukan
Bagaimana alur prosesnya ?
  1. Pendaftaran online proposal pendukungan melalui sistem Unggah Mandiri BEKRAF
  2. Disortir oleh admin Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) berdasar fungsi kedeputian BEKRAF
  3. Diseleksi oleh Deputi sesuai dengan anggaran dan pedoaman pendukungan masing-masing Deputi
  4. Selanjutnya diseleksi oleh Komite Seleksi atau tim ahli sesuai 16 sub sektor BEKRAF
  5. Seleksi oleh Komite Kurasi atau tim ahli dari berbagai bidang EKRAF
  6. Setelah itu diputuskan dan dipublikasikan hasilnya
  7. Implementasi anggaran tiap Deputi
Bagaimana cara untuk mengajukan proposal kepada BEKRAF ?
Pengajuan proposal hanya bisa dilakukan secara online yaitu dengan sistem Unggah Mandiri BEKRAF.
Dalam bentuk apa saja bantuan yang dapat diberikan ?
  • Barang
  • Uang
  • Jasa
Kapan sebaiknya waktu yang tepat untuk mengajukan permohonan ?
Waktu idealnya adalah 4 bulan sebelum tanggal pelaksanaan.
Siapa saja yang boleh melakukan permohonan ?
Perorangan
Organisasi/komunitas
Pemerintah
Dan lain-lain

Seleksi  Proposal Satu Pintu BEKRAF

Bagaimana alur prosesnya ?
  1. Pendaftaran online proposal pendukungan melalui sistem Unggah Mandiri BEKRAF
  2. Disortir oleh admin Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) berdasar fungsi kedeputian BEKRAF
  3. Diseleksi oleh Deputi sesuai dengan anggaran dan pedoaman pendukungan masing-masing Deputi
  4. Selanjutnya diseleksi oleh Komite Seleksi atau tim ahli sesuai 16 sub sektor BEKRAF
  5. Seleksi oleh Komite Kurasi atau tim ahli dari berbagai bidang EKRAF
  6. Setelah itu diputuskan dan dipublikasikan hasilnya
  7. Implementasi anggaran tiap Deputi
Bagaimanakah cara mendapatkan pemberitahuan diterima atau ditolaknya pengajuan proposal ?
Pengaju akan mendapatkan pemberitahuan melalui email ataupun telepon yang dicantumkan pengaju pada saat mendaftar online.
Berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam proses ?
Kurang lebih 1 bulan.
Siapakah yang melakukan penilaian dan penyeleksian ?
  • Kriteria Umum diseleksi oleh Admin Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)
  • Kriteria Teknis diseleksi oleh Deputi-Deputi Bekraf
  • Kelayakan diseleksi oleh Komite Seleksi
  • Pemilihan diseleksi oleh Komite Kurasi
  • Pemilihan anggota komite seleksi dan komite kurasi dilakukan oleh panitia seleksi yang dibentuk oleh BEKRAF. Yang pertama kali dibentuk oleh BEKRAF untuk selanjutnya akan diputuskan oleh panitia seleksi.
Teknis
Bagaimana saya dapat melihat proposal yang saya unggah ?
Setelah proposal anda dikirimkan melalui Unggah Mandiri BEKRAF, Anda akan diberi nomor resi yang dikirim melalui email. Dengan ini anda dapat melihat proposal anda telah dikirimkan. Harap dicatat bahwa anda tidak dapat mengedit proposal yang telah dikirimkan. Untuk alasan ini, kami merekomendasikan anda juga menyimpan salinan proposal Anda. Kami tidak dapat mengirim proposal yang diajukan kembali kepada pemohon.
Bagaimana saya dapat memastikan proposal yang saya ajukan telah terunggah ?
Setelah meunggah proposal secara online, maka pengaju mendaptkan konfirmasi melalui email segera. Konfirmasi tersebut berisi nomor resi pengajuan proposal. Apabila tidak mendapatkan konfirmasi selama 48 jam, maka kontak kami ke kurasi@bekraf.go.id
Bisakah saya mengunggah dokumen pendukung untuk memperkuat proposal saya ?
Semua informasi yang diperlukan untuk menilai proposal anda sudah dicantumkan pada Unggah Mandiri BEKRAF, mohon jangan mengirim dokumen lanjutan atau informasi kepada kurasi BEKRAF karena tidak akan dipertimbangkan
Bisakah saya mengunggah proposal melalui mail, email, atau fax ?
Tidak, proposal hanya bisa dikirim melalui Unggah Mandiri BEKRAF. Proposal yang dikirim melalui selain Unggah Mandiri BEKRAF tidak akan dianggap/diproses.

Pertanyaan Umum Mengenai Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF):

Apa itu Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (BEKRAF RI) ?
Badan Ekonomi Kreatif adalah  Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang bertanggungjawab di bidang ekonomi kreatif dengan enam belas subsektor. Badan ini bertanggung jawab terhadap perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia.
Apa itu ekonomi kreatif (ekraf) ?
Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreatifitas dengan mengandalkan ide dan keluasan pengetahuan dari Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya. Ekonomi akan didukung oleh jalannya industri kreatif.
Apa itu industri kreatif ?
Industri kreatif adalah kumpulan aktivitas ekonomi yang terkait penciptaan atau pembuatan satu benda atau penggunaan pengetahuan dan informasi. Di Eropa industri kreatif lebih dikenal dengan sebutan ‘Industri Budaya
Kementrian Perdagangan Indonesia menyatakan bahwa Industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.
Apakah tugas BEKRAF ?
BEKRAF bertugas membantu presiden dalam merumuskan, menetapkan, mengoordinasikan, dan sinkronisasi kebijakan di bidang ekonomi kreatif.
Apakah visi dan misi BEKRAF ?
BEKRAF mempunyai visi membangun Indonesia menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia dalam ekonomi kreatif pada 2030 nanti. Untuk mencapai visi tersebut, BEKRAF merancang enam misi besar, yaitu:
  • Menyatukan seluruh aset dan potensi kreatif Indonesia untuk mencapai ekonomi kreatif yang mandiri.
  • Menciptakan iklim yang kondusif bagi pengembangan industri kreatif.
  • Mendorong inovasi di bidang kreatif yang memiliki nilai tambah dan daya saing di dunia internasional.
  • Membuka wawasan dan apresiasi masyarakat terhadap segala aspek yang berhubungan dengan ekonomi kreatif.
  • Membangun kesadaran dan apresiasi terhadap hak kekayaan intelektual, termasuk perlindungan hukum terhadap hak cipta.
  • Merancang dan melaksanakan strategi yang spesifik untuk menempatkan Indonesia dalam peta ekonomi kreatif dunia.
Bagaimana struktural organisasi BEKRAF ?
BEKRAF dinakhodai oleh kepala badan yang dibantu seorang  wakil, sekretaris utama, dan para deputi. Bekraf mempunyai enam deputi. Mereka adalah Deputi Riset, Edukasi, dan Pengembangan; Deputi Akses Permodalan; Deputi Infrastruktur; Deputi Pemasaran; Deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual dan Regulasi; dan Deputi Hubungan Antar Lembaga Dan Wilayah.
Siapakah Kepala BEKRAF ? Triawan Munaf.
Sub sektor apa saja yang menjadi fokus BEKRAF untuk dikelola dan dikembangkan ?
BEKRAF menetapkan 16 sub sektor yang akan dikelola dan dikembangkan, diantaranya :
Aplikasi & game developer
Arsitektur
Desain interior
Desain komunikasi visual
Desain produk
Fashion
Film, animasi, & video
Fotografi
Kriya
Kuliner
Music
Penerbitan
Periklanan
Seni pertunjukan
Seni rupa
Televisi & radio
Terimakasih anda telah membaca informasi seputar program satu pintu Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Indonesia, Semoga bermanfaat dan kami mengajak Anda ikut serta dalam mensukseskan ekonomi kreatif Indonesia dengan membagikan info ini ke teman, sahabat Anda.

0 komentar:

Posting Komentar